Aktifitas SekolahGalery

Kunjungan Edukatif ke KPP Bea Cukai TMP B Palembang

SDIT Al Furqon

Kunjungan edukatif (kutif) hari ini Kamis tanggal 22 November 2018 merupakan kutif kedua siswa kelas VI yaitu ke kantor pengawasan dan pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean (TMP) B Palembang yang beralamat di jalan Mayor Memed Sastrawirya, No 360, Boom Baru, Palembang. BEA CUKAI sendiri artinya nama dari sebuah instansi peemerintahan yang melayani masyarakat di bidang kepabeanan dan cukai di bawah kementerian keuangan. Bea artinya pungutan Negara yang dikenakan terhadap barang-barang yang di impor dan ekspor sedangkan Cukai adalah pungutan negarayang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat ataupun karakter yang ditetapkan dalam undang-undang.

 

Pada kesempatan ini siswa SDIT Al Furqon Palembang kelas VI yang ikut kutif berjumlah kurang lebih 115 siswa terdiri dari empat kelas didampingi oleh Guru kelas masing-masing yaitu kelas 6 Ibnu Sina oleh Ust Edi Sapril dan Bunda Tita, kelas 6 Ibnu Kholdun oleh bunda Rumaisa dan Bunda Mona, kelas 6 Al Khawarizmi oleh Bunda Nani dan Bunda Ari dan kelas 6 Al Farabi oleh Bunda Lismar dan ust Eko, turut juga tim Security SDIT 2 orang yang ikut dalam kutif kali ini.

Sebelum melakukan kunjungan edukatif siswa melakukan Senam rutin kamis pagi setelah itu Sholat Dhuhah lalu siswa berbaris tertib di lapangan. Pada pukul 08.05 siswa dan guru pendamping berangkat kelokasi tujuan kunjungan edukatif menggunakan transportasi masal Trans Musi. Sesampainya di lokasi kutif siswa berbaris rapi dan masuk ke kantor pengawasan dan pelayanan BEA CUKAI TMP B Palembang dengan tertib.

Kegiatan disana yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, kata sambutan dari Bapak Dwi Hermawanto selaku perwakilan dari penyuluhan dan layanan informasi kantor bea cukai. Kata sambutan dari perwakilan SDIT Al Furqon Palembang ust Edi Sapril selanjutnya penyerahan plakat (Cendra mata) dari SDIT Al Furqon kepada Kantor Bea Cukai TMP B Palembang.

Siswa-siswa kunjungan edukatif dipandu kak Faris dan kak sapran mendapat penjelasan apa itu bea cukai, apa tugas dan fungsi bea cukai, makna atau nilai-nilai yang dimiliki oleh bea cukai yang dibawah kementerian keuangan dan di perkenalkan seragam-seragam bea cukai mulai dari seragam dinas harian SLH, pakaian seragam dinas upacara (dipakai saat upacara besar) hingga pakaian Dinas lapangan lengkap dengan atribut senjata yang  digunakan saat patroli di Laut. Selain itu siswa-siswa kelas 6 di perkenankan untuk bertanya atau menjawab oleh kakak-kakak pemandu kegiatan, untuk pertanyaan dan jawaban siswa-siswa benar maka akan diberikan hadiah.

Setelah rangkaian kegiatan kutif siswa per kelas diajak berfoto bersama kakak-kakak yang berpakaian seragam bea cukai tadi. Selanjutnya siswa pulang menuju SDIT Al Furqon bersam-sama mengunakan Trans Musi.

Penulis : Eko Febri S, S.Pd.

News Editor : Salamah

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close