Aktifitas SekolahArtikel

Cinta Al Qur’an Bersama Tim Tahfidz Al Furqon Palembang

SDIT Al Furqon

Dalam rangka mencetak para penghafal Qur’an. Al Furqon sebagai sekolah yang menitikberatkan Al qur’an sebagai program intinya berkomitmen merealisasikannya dengan sebuah program yang diberi nama takhassus Al Qur’an. Program takhassus sendiri sebenarnya sudah berjalan cukup lama. Program yang menjadi andalan Al Furqon sehingga dari program inilah banyak orang tua murid tertarik dan mempercayakan anak-anak mereka kepada  SDIT Al Furqon untuk dididik menjadi generasi Qur’ani.

Namun, sebagus apapun program suatu lembaga pendidikan jika hanya mengandalkan guru saja tanpa kontribusi pihak lain dalam hal ini orang tua maka akan terkendala. Maka dari itu Al Furqon berharap pendidikan yang telah dibentuk oleh lembaga selama di sekolah diharapkan bisa dilanjutkan di rumah sebagai aplikasi teori yang telah didapatkan di sekolah. Dalam hal ini program hafalan Al Qur’an terutama takhassus (yang telah dijalankan oleh seluruh  guru Al Furqon terutama tim tahfidz takhassus) bisa berkelanjutan di rumah di mana peran orang tua bisa di maksimalkan dengan cara membantu menjaga hafalan anak dengan mengulang apa yang telah dipelajari di sekolah. Artinya di sini semua pihak memiliki peranan dan kontribusi bagi pendidikan anak tidak hanya mengandalkan salah satu pihak saja.

Sebagai wujud perhatian Al Furqon terhadap program ini dalam mengakomodir kualitas hafalan Al Quran anak. SDIT Al Furqon mengadakan ujian wisuda tahfidz yang telah berjalan sejak tanggal 4 Februari  2019 tadi hingga awal April nantinya. Wisuda tahfidz tahun ini adalah tahun kelima yang diadakan oleh Al Furqon.

Betapa antusiasnya anak-anak terhadap wisuda tahfidz ini, berdasarkan data telah ada 199 anak yang mendaftar untuk mengikuti ujian ini meskipun nantinya mereka akan menjalani  3 penyaringan yang artinya tidak seluruh anak yang telah mendaftar tadi bisa mengikuti wisuda di bulan Mei nanti.

Seleksi ujiannya sendiri terbagi dalam beberapa kategori yaitu kategori juz 30, juz 29, dan juz 28. Namun pada kenyataannya ada beberapa anak yang telah melampaui 3 juz tadi. Masing-masing kategori  ujiannya terdiri dari 3 tahapan. Untuk kategori juz 30 tahap I dimulai dari QS an Naas hingga QS At Tiin. Tahap II dimulai dari QS Al Insyiroh sampai dengan QS Al Insyiqoq. Tahap III dari QS Al Muthoffifin hingga An Naba. Ujian kategori juz 29 tahap I mulai dari Al Mulk sampai Al Ma’arij. Tahap II dari Nuh hingga Al Muzzammil. Dan tahap III dari Al Muddatsir sampai dengan Al Mursalat.

Syarat untuk wisuda tahfidz adalah dengan menghafal seluruh surat yang ada dalam kategori juz yang diikuti bukan dengan menguji mereka dengan cara menyambung ayat. Maka dengan inilah kita bisa menjaga sisi objektifitas hafalan anak. Sekali lagi bahwa dalam proses mengahafal pasti ada kendala salah satunya melawan sifat malas menghafal. Namun apakah setelah menjadi penghafal Qur’an tidak akan ada kendala lagi? Tentu ada juga karena jika seseorang telah menjadi penghafal maka pekerjaan setiap harinya adalah mengulang hafalan. Inilah yang mesti dijaga oleh semua penghafal Qu’an terutama bagi siswa Al Furqon yang mana kita berharap peran aktif orang tua untuk mengingatkan dan membantu anak dalam muroja’ah hafalannya sebagai peralihan tanggung jawab dari sekolah ke rumah

Kita berharap dengan adanya program kegiatan wisuda tahfidz tahunan, yang insya Allah berbarengan juga dengan wisuda akbar, Al Furqon sebagai institusi pendidikan berbasis keislaman memiliki harapan yang besar agar Al Qur’an dapat mendarah daging dalam diri anak dan menjadi pedoman dalam setiap sendi kehidupan mereka, tidak hanya dapat membaca dan menghafalnya namun juga bisa mengimplementasikan seluruh nilai  yang ada dalam Al Qur’an.

Penulis : M. Andriansyah, S.Pd.I

Editor   : Salamah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close