Artikel

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika SD “Tugal Pemantik”

SDIT Al Furqon Palembang

DUNIA pendidikan Indonesia terus melakukan berbagai inovasi, tidak terkecuali di Sumatera Selatan. Hal ini dilakukan oleh para tenaga pendidik, dalam hal ini guru dan Departemen Pendidkan. Semua inovasi ini dilakukan semata-mata untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Salah satu contoh inovasi yang bisa dilakukan oleh para guru, adalah dengan mengembang berbagai jenis dan bentuk media pembelajaran. Baik Dua Dimensi, Tiga Dimensi, ataupun dengan memanfaatkan Teknologi. Ada yang bersifat Permainan Edukatif dan ada juga yang bersifat Penanaman Konsep Materi Pembelajaran.

Kali ini, saya mengembangkan sebuah media pembelajaran matematika,  pada materi “Pembagian Bersusun” yang dipelajari di kelas 3 Sekolah Dasar. Tentu saja pemilihan materi bukan tanpa alasan. Ditahun pertama saya mengajar mata pelajaran matematika kelas 3, saya melihat bagaimana sulitnya siswa memahami konsep pembagian bersusun.

Berbagai metode saya terapkan dalam menyapaikan materi ini. Namun tidak terlihat perkembangan pemahaman siswa yang begitu signifikan. Hanya 60% siswa yang mampu memahami materi ini setelah berbagai metode yang saya gunakan. Berangkat dari permasalahan tersebutlah saya akhirnya mencoba mengembangkan sebuah media belajar klasik, yang diberi nama “TUGAL PEMATIK”.

Media ini saya fokuskan pada penanaman konsep pembagian. Media ini dikemas dalam bentuk yang sangat sederhana, hanya dengan memanfaatkan tutup galon bekas yang sudah tidak dipakai. Sehingga semua orang mampu membuatnya sendiri. Bahkan dalam fersi mini, yang terbuat dari tutup botol. Namun tetap memiliki fungsi yang sangat efisien di segala situasi. Termasuk jika ingin digunakan untuk belajar di alam.

Cara penggunaan media ini sangat mudah. Tidak membutuhkan hafalan perkalian, yang menghambat siswa dalam menyelesaikan persoalan pembagian bersusun. Perhatikan ilustrasi dibawah ini.

Contoh Soal :

  • Berapakah hasil dari 56 ÷ 4 ?

Penyelesaian dengan Media Tugal Pemantik

Karena pembagi adalah satuan, maka bagilah angka puluhan terlebuh dahulu:

    1. Ambil 5 anak congklak dari wadah modal pembagian
    2. Isikan ke dalam 4 tutup galon sama banyak. Sisanya masukkan ke dalam wadah sisa pembagian. (Jika Ada)
    3. Hitung isi satu tutup galon, banyak isi satu tutup galon adalah hasil pembagian, yang kita tulis di bagian atas rumah pembagian
    4. Jumlah anak congklak yang ada dalam 4 tutup galon, kita tulis di bawah bilangan yang kita bagi
    5. Jumlah siswa pembagian adalah hasil pengurangannya.
    6. Semua isi congklak diambil kembali dari tutup galon dan wadah sisa, kemudian masukkan ke dalam wadah modal pembagian

 

Selanjutnya, karena angka puluhan tidak cukup dibagi, maka angka satuan kita turunkan ke bawah garis pengurangan. Sehingga kita membagi 16 dengan 4

    1. Lakukan langkah seperti yang pertama, kita ambil 16 anak congklak
    2. Isikan ke ke dalam 4 tutup galon sama banyak. Sisanya masukkan ke dalam wadah sisa pembagian. (Jika Ada)
    3. Hitung isi satu tutup galon, banyak isi satu tutup galon adalah hasil pembagian, yang kita tulis di bagian atas rumah pembagian
    4. Jumlah anak congklak yang ada dalam 4 tutup galon, kita tulis di bawah bilangan yang kita bagi
    5. Jumlah siswa pembagian adalah hasil pengurangannya
    6. Semua isi congklak diambil kembali dari tutup galon dan wadah sisa, kemudian masukkan ke dalam wadah modal pembagian

 

Penyelasaian pembagian dengan menggunakan Media Tugal Pemantik telah selesai, tanpa membutuhkan hapalan perkalian. Dan kita dapatkan hasil 56 ÷ 4 adalah 14

Mudahkan ?

Setelah saya menerapkan media pembelajaran ini, berdasarkan pengamatan dan hasil latihan siswa, terdapat beberapa perubahan yang cukup signifikan yang ditunjukkan siswa. Baik dari minat belajar mereka, maupun hasil belajar itu sendiri. Siswa menjadi lebih antusias untuk belajar matematika, dalam hal ini materi pembagian bersusun.

Penulis : Weki Pradinata, S.Pd.

Editor : Salamah Lubis

 

 

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close